Anything is good, just dare to share.

2013/07/08

Algoritma dan Struktur Data - Struct , Array dan Pointer

By on 7/08/2013 09:04:00 PM

Algoritma adalah suatu metode untuk memecahkan masalah secara sistematis dan logis. Dalam matematika dan komputasi, algoritma atau algoritme merupakan kumpulan perintah untuk menyelesaikan suatu masalah. Perintah-perintah ini dapat diterjemahkan secara bertahap dari awal hingga akhir. Masalah tersebut dapat berupa apa saja, dengan catatan untuk setiap masalah, ada kriteria kondisi awal yang harus dipenuhi sebelum menjalankan algoritma. Algoritma akan dapat selalu berakhir untuk semua kondisi awal yang memenuhi kriteria, dalam hal ini berbeda dengan heuristik Algoritma sering mempunyai langkah pengulangan atau memerlukan keputusan sampai tugasnya selesai. Algoritma juga disebut barisan langkah-langkah perhitungan dasar yang mengubah masukan (dari beberapa fungsi matematika) menjadi suatu keluaran.
Struktur data adalah sebuah skema organisasi, seperti struktur dan array, yang diterapkan pada data sehingga data dapat diinterprestasikan dan sehingga operasi operasi spesifik dapat dilaksanakan pada data tersebut.
Array adalah organisasi kumpulan data homogen yang ukuran atau jumlah elemen maksimumnya telah diketahui dari awal. Array umumnya disimpan di memori komputer secara kontigu (berurutan). Pada Array terdapat dua tipe operasi, yaitu operasi terhadap satu elemen/posisi dari array dan operasi terhadap array sebagai keseluruhan.
Pointer adalah sebuah variabel yang isi datanya adalah alamat memori atau variabel lain. Sehingga pointer dapat juga disebut sebagai variabel alamat (address variable). Struktur adalah koleksi dari variabel yang dinyatakan dengan sebuah nama, dengan sifat setiap variabel dapat memiliki tipe yang berlainan. Struktur biasa dipakai untuk mengelompokkan beberapa informasi yang berkaitan menjadi sebuah satu kesatuan.


Berikut adalah source code C++ tentang program penghitungan deret Fibonacci  yang berkaitan dengan Algoritma dan Struktur Data :


/*ALGORITMA
1. MULAI
2. Deklarasi variabel fibo
3. Menjalankan fungsi main
4. Deklarasi variabel i bertipe integer
5. Inisialisasi pada anggota array variabel fibo
6. Membuat fungsi looping pada variabel i untuk menampilkan deret fibonacci
7. Membuat fungsi looping pada variabel i untuk menampilkan tanda -
8. Menampilkan deret fibonacci terhadap fungsi looping yang telah dijalankan
9. SELESAI
*/

#include <stdio.h>
#define MAX 10

int fibo[MAX];
int main ()
{
int i;

fibo[1]=1;
fibo[2]=1;

for (i=3;i<=MAX;i++)
fibo[i]=fibo[i-2]+fibo[i-1];

printf("%d Bilangan Fibonaci Pertama adalah : \n", MAX);
for (i=1;i<MAX;i++)
printf("%d-", fibo[i]);
}

0 komentar:

Poskan Komentar

Selalu gunakan bahasa yg baik dan santun dalam berkomentar. Jika ada pertanyaan lainnya silahkan kirim via email info.ezrafel@gmail.com